Tahukah Anda

5 Spot Menarik yang Ada di Objek Wisata Tanjung Benoa Bali

Objek wisata Tanjung Benoa merupakan salah satu destinasi favorit dan terkenal di Bali. Pasalnya, tempat ini menjadi lokasi terbaik bagi Anda yang hobi melakukan berbagai aktivitas wisata bahari.

Itulah mengapa objek wisata Tanjung Benoa juga disebut sebagai pusatnya water sport di Bali. Tidak hanya menyajikan beragam aktivitas wisata water sports saja, di tempat ini Anda juga akan disuguhkan beragam spot menarik dengan keindahan pemandangan yang mengagumkan.

5 Objek Wisata Tanjung Benoa Bali

Ada sejumlah pilihan objek wisata Tanjung Benoa yang bisa Anda nikmati saat liburan di Bali. Bagi yang penasaran, silahkan Anda simak 5 spot menarik di objek wisata Tanjung Benoa yang akan kami sampaikan berikut ini!

1. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan lembut hampir sama seperti di Pantai Kuta. Namun pantai ini tidak cocok bagi Anda penyuka olahraga selancar karena Pantai Tanjung Benoa memiliki ombak yang sangat tenang.

Tapi sebagai gantinya, Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas olahraga air di pantai ini, mulai dari speed boat, jet ski, banana boat, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya Pantai Tanjung Benoa disebut juga sebagai pusatnya olahraga air yang ada di Bali.

Beberapa olahraga air yang bisa Anda temukan dan nikmati di Pantai Tanjung Benoa antara lain:

Objek Wisata Tanjung Benoa Bali dijadikan tujuan utama oleh mayoritas wisatawan yang ingin mengikuti beragam aktivitas olahraga air (Tanjung Benoa Watersports).

Oleh karena itu, ketika tiba di pantai Tanjung Benoa, Anda akan melihat betapa sibuknya perairan di pantai ini dengan berbagai macam aktivitas olahraga air.

2. Hutan Bakau Tanjung Benoa

Keindahan objek wisata Tanjung Benoa tidak hanya terletak di pantainya saja, tapi ada pula sisi lain dari keindahan tempat ini, yaitu area hutan bakau yang lokasinya berada di sebelah barat Tanjung Benoa Peninsula dekat dengan jalan Tol Bali Mandara.

Objek Wisata Tanjung Benoa
Hutan Bakau Tanjung Benoa

Hutan Bakau atau juga dikenal dengan hutan mangrove juga menjadi spot wisata menarik di Tanjung Benoa yang mesti Anda kunjungi. Hutan Bakau di Tanjung Benoa juga dikenal dengan sebutan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai.

Di kawasan wisata ini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam beserta ekosistem hutan bakau Tanjung Benoa. Untuk menyisir keindahan tempat ini, Anda harus menggunakan speedboat atau jetski.

Hutan Mangrove tidak hanya menjadi spot wisata menarik di kawasan objek wisata Tanjung Benoa, tapi juga memiliki fungsi paru-paru kota, menjaga ekosistem pesisir, mengatasi pencemaran laut, menjaga kualitas air, dan meminimalisir terjadinya abrasi di sekitar pesisir.

3. Kuil Caow Eng Bio

Ketika Anda liburan di Bali, mungkin Anda akan melihat ada begitu banyak pura di sana. Namun ternyata di Bali juga ada kuil Buddha dan berlokasi di sekitar objek wisata Tanjung Benoa.

Kuil Caow Eng Bio

Kuil tersebut bernama Caow Eng Bio dan memiliki tampilan yang sangat indah. Klenteng atau vihara Caow Eng Bio merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Bali. Letaknya berada di ujung utara Tanjung Benoa dan masuk dalam wilayah Banjar Adat Darmayasa.

Klenteng ini didirikan sebagai dedikasi kepada Dewi Shui Wei dan 108 Bersaudara dari Hainan, pelindung masyarakat Hainan terutama pada zaman diaspora.

Ornamen dari kuil ini sangat unik dengan area yang cukup luas. Di seberang klenteng Caow Eng Bio terdapat bangunan teater yang di sebelahnya terdapat kuil kecil untuk perahu naga.

Prasasti yang ada di samping klenteng juga merupakan salah satu peninggalan zaman kuno yang penting di Indonesia. Lokasi klenteng Caow Eng Bio berada di sudut jalan raya, Anda tidak akan kesulitan untuk menuju ke tempat ini.

4. Pura Dalem Ning Lan Taman Beji

Seperti kita ketahui, Pulau Bali sangat terkenal dengan banyaknya bangunan pura Hindu. Keunikan arsitektur pura Hindu menjadi ciri khas tersendiri di Bali.

Pura Dalem Ning lan Taman Beji. Source: Sindonews

Ciri khas tersebut ditampilkan dengan bentuk gerbang masuk pura yang menjulang tinggi, dan ukiran pada tembok pura yang indah.

Di lokasi objek wisata Tanjung Benoa terdapat sebuah pura dengan keindahan arsitektur yang menawan, namanya Pura Dalem Ning Lan Taman Beji. Tempat ini juga termasuk spot wisata menarik yang ada di Tanjung Benoa.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji dibangun menggunakan material yang sebagian besar terbuat dari batu putih. Sedangkan pintu gerbang pura ini terbuat dari kayu yang dihiasi seni ukiran yang sangat indah.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji berlokasi tidak jauh dengan Kuil Caow Eng Bio. Jaraknya hanya sekitar beberapa meter saja dari kuil tersebut. Jadi, Anda dapat mengunjungi dua spot wisata menarik sekaligus yang jaraknya berdekatan di Tanjung Benoa.

5. Pulau Penyu Tanjung Benoa

Spot wisata menarik yang terakhir dalam daftar ini adalah Pulau Penyu Tanjung Benoa. Tempat wisata yang menjadi lokasi penangkaran penyu hijau ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan Bali.

Pulau Penyu Tanjung Benoa

Penyu Hijau termasuk hewan langka yang keberadaannya di lindungi oleh pemerintah. Biasanya, banyak wisatawan bersama keluarga atau anaknya yang mengunjung Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Sebab, spot wisata menarik yang satu ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tapi juga wisata edukatif yang menarik untuk anak-anak.

Tidak hanya hewan Penyu Hijau yang langka, di area wisata yang termasuk dalam objek wisata Tanjung Benoa ini Anda juga akan berjumpa dengan aneka hewan menarik lainnya seperti burung, ular, kadal, dan masih banyak lagi.

Untuk menuju ke Pulau Penyu, Anda dapat menggunakan Glass Bottom Boat (perahu dengan lantai kaca) berkapasitas maksimal 10 orang.

Lantai perahu terbuat dari kaca bening yang tembus pandang sehingga Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut yang mengagumkan selama perjalanan menuju Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Sebelum sampai ke Pulau Penyu, pengemudi perahu akan mengantar wisatawan ke lokasi perairan yang banyak terdapat ikan. Anda akan diberikan roti untuk memberi makan ikan dari atas perahu. Menarik bukan?

Untuk menaiki glass bottom boat, wisatawan akan dikenai biaya sewa Rp 1 juta untuk 1 boat dengan kapasitas 10 orang, itu jika langsung booking di lokasi. Ada yang jauh lebih murah harganya, yaitu booking secara online melalui website ini, TanjungbenoaBali.com

Nah, itulah 5 spot menarik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke objek wisata Tanjung Benoa. Tapi tunggu dulu, sebelum Anda merencanakan liburan ke Tanjung Benoa Bali, ada baiknya Anda simak sejumlah informasi tambahan mengenai objek wisata Tanjung Benoa berikut ini!

Informasi Umum tentang Objek Wisata Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan sebuah peninsula yang berlokasi di sebelah utara kawasan wisata Nusa Dua Bali.

Tempat wisata ini memang tidak seramai di Pantai Kuta dan tidak semegah di kawasan Nusa Dua, tetapi Tanjung Benoa merupakan kawasan wisata yang terkenal sebagai pusatnya aktivitas olahraga air di Bali.

Di sekitar lokasi wisata Tanjung Benoa juga banyak terdapat penginapan, hotel, maupun villa yang bisa Anda jadikan pilihan untuk tempat menginap. Tersedia berbagai pilihan kelas hotel, mulai dari hotel murah kelas melati, sampai hotel mewah bintang 5.

Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencari tempat makan atau jika ingin berwisata kuliner, karena di Tanjung Benoa banyak pula tempat makan seperti restoran, warung sederhana, cafe ataupun bar.

Cara menuju ke objek wisata Tanjung Benoa juga cukup murah, maka waktu tempuh perjalanan sekitar 30-60 menit berkendara.

Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa Anda gunakan, namun cara terbaik untuk berkendara ke lokasi wisata Tanjung Benoa adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil yang banyak ditawarkan di Bali.

Selamat berlibur!

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 5]

Tentang Tanjung Benoa Bali

Tanjung Benoa Bali adalah tempat yang asyik buat aktifitas watersport (wahana bahari) di pulau Dewata. Lokasinya sangat strategis, dekat Nusa Dua & Airport didukung air lautnya tenang, sangat cocok untuk bermain banana boat, seawalker, parasailing, rolling donut, jetski, flying fish, diving, flyboard, hingga tour ke tempat penangkaran penyu.

Mau Booking watersport? Hubungi kami 081339-633454 (Call, sms, whatsApp)

Leave a Comment

WhatsApp Butuh Bantuan?