Pelabuhan Benoa berbenah demi kapal pesiar

General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa, Iwan Sabatini, mengemukakan bahwa pihaknya memiliki keinginan membuat zona marina khusus untuk menampung kapal pesiar ukuran kecil hingga besar. “Kami punya lahan kosong di sekitar pelabuhan dan itu akan kami gunakan untuk program tersebut. Pada 2013 sudah dibangun, sejalan dengan jalan tol. Estimasi biaya sekitar Rp 4 triliun, bisa lebih,” ujarnya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Rabu (30/11/2011), saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Di negara-negara lain, wisata kapal pesiar sangat maju. Selayaknya Indonesia mengejar ketertinggalan tersebut.
– Iwan Sabatini

Iwan mengaku sampai saat ini belum ada investor di Tanah Air yang berminat, tapi ada pihak swasta dari China dan Korea Selatan yang menunjukkan minatnya. Pelabuhan Benoa nantinya dibangun sepanjang 975 meter dan lebar 750 meter atau di atas lahan seluas 37 hektare. “Bali sangat menjanjikan menopang kapal pesiar. Di negara-negara lain, wisata kapal pesiar sangat maju. Selayaknya Indonesia mengejar ketertinggalan tersebut,” katanya.

Iwan menyebutkan bahwa kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa pada 2011 terjadi peningkatan sekitar 25 persen dibandingkan pada 2010, termasuk jumlah penumpangnya. “Tahun 2010 ada 28 unit kapal pesiar. Sementara hingga akhir 2011 ada 35 unit kapal pesiar yang merapat di Pelabuhan Benoa. Untuk 2012, akan ada 38 kapal pesiar yang akan berlabuh di Benoa. Penumpang terbanyak dari China, Singapura, dan Australia,” tambah Iwan. (http://travel.kompas.com/read/2011/11/30/20434759/Benoa.Berbenah.Sambut.Kapal.Pesiar)

pelabuhan benoa,pelabuhan benoa bali,pelabuhan benoa tanjung marina
About admin

Speak Your Mind

*